Quantcast

avatar
Created by : terapirematik
Starred 1,384 x

Aksi Damai 411 Gambaran Ketahanan Dan Wajah Baru Demokrasi Indonesia

Keragaman Dan Perbedaan Untuk Indonesia Raya Agar Lebih Baik

Kliping Catatan Dan Seruan Pentingnya Persatuan
Perbedaan Adalah Takdir Tuhan
Allah berfirman seraya memberitahukan kepada umat manusia bahwa Dia telah menciptakan kitaa dari satu jiwa, dan darinya Dia menciptakan pasangannya, yaitu Adam dan Hawwa, dan selanjutnya Dia menjadikan mereka berbangsa-bangsa. Semua Manusia Bersaudara


Mari Rayakan Keragaman Indonesia

 warna_warni_indonesia_by_indonesia.jpg

Kedewasaan Demokrasi Di Negara Kita Mendapatkan Ujian Besar

Aksi damai 411 baru saja kita lalui. Terlepas dari pokok permasalahan utamanya, kita patut bersyukur, karena aksi pada waktu tersebut secara garis besar berlangsung damai dan tertib. Walaupun masih ada tindakan kriminal yang terjadi akibat dari adanya penyusupan dari pihak yang ingin membuat onar. 

damai-indonesia1.jpg

Ada hal Unik dalam mengamankan aksi damai 411 kemarin! 500 Polisi Bersorban Putih Ikut Kawal Demo 4 November

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol M Iriawan menyematkan sorban putih kepada salah satu anggota Brimob.

Kepolisian sebagai salah satu lembaga yang bertugas dalam mengaman kan aksi tersebut, sengaja menyiapkan pasukan 'khusus' ini untuk pengamanan demo tersebut. Ada ratusan anggota Brimob yang menjadi menjadi bagian dalam strategi polisi dalam melayani aspirasi para pendemo, tampil sedikit berbeda dari biasanya. 

Kapolri dan Panglima TNI mengecek personel polisi bersorban dan berpeci putih.

Menurut Kepala Biro Operasi Polda Metro Jaya Kombes Verdianto: pengerahan polisi bersorban ini merupakan upaya polisi dalam pengamanan demo yang humanis. Verdianto mengatakan ada 500 personel Brimob bersorban putih ini. Mereka adalah anggota Brimob Polda Jawa Barat.

The Maturity Democracy of Indonesia

The November 4 (411) protest was one remarkable history of Indonesian democracy. It taught Indonesians many lessons, but the highlight is how the government has been maturing itself in responding a protest.

It was a surprise, and definitely a smart move, of the Police to use much more cooperative and humanist approach to deal with the protesters by beginning their security routines with praying and dhikr.

The way the security officials handle the protesters must be highly appreciated. Their effort to resist repressive actions, during the day, especially was a breakthrough. It was something new in our democracy. This was the key of the success of the government in 411 rally.

Despite some clashes between the protesters and the police, the overall protest has been very peaceful. What happened on November 4 was maybe beyond what the government may expect.

The violence level was relatively low with small number of casualties. One of the protesters dead because his previous asthma history, and not related to any attack or accidental shooting.

What happened in Penjaringan area was a criminal activity done by rascals, not protesters, but again the government has shown its readiness to handle such unexpected situation not to spread in other areas. In fact, it was actually not related to the protests. It was done by some irresponsible people who take advantage of the protest. Yet, the government could promptly took needed action to bring back situation to normal in relatively short time.

All in all, the government has done a marvellous job in dealing with this protest. What was feared was not occurring and all situation could be handled very well and wisely. We hope that this will be a new era of Indonesian democracy, which is more mature and humanist. Bravo! Detak

 

Photo published for Polda Metro Kerahkan Polwan Berhijab Negosiator Pendemo

Terjemahan Diperkirakan isinya SBB:

Kematangan Demokrasi di Indonesia * _

4 November (411) adalah salah satu sejarah yang luar biasa dari demokrasi Indonesia. Ini mengajarkan orang Indonesia banyak pelajaran, walapun pada akhir acara ada yang menginginkan bagaimana pemerintah goyang dalam menanggapi protes.

Photo published for Polwan Berhijab Akan Bagikan Permen ke Demonstran 4 November

Itu adalah kejutan, dan langkah yang cerdas, Kepolisian untuk menggunakan pendekatan yang lebih kooperatif dan humanis untuk menangani para demonstran dengan mulai rutinitas keamanan mereka dengan berdoa dan berdzikir mampu untuk mengatasinya. 

CwZr2gVVEAAPUja.jpg

Cara petugas keamanan dalam menangani pengunjuk rasa harus sangat dihargai. Upaya mereka untuk melawan tindakan represif, siang hari, adalah terobosan. Itu sesuatu yang baru dalam demokrasi kita. Ini adalah kunci dari keberhasilan pemerintah dalam aksi damai 411 .

Photo published for Senyum Polwan Berhijab yang Bikin Adem Aksi 4 November

Meskipun bentrokan antara demonstran dan polisi sempat terjadi, namun aksi damai secara keseluruhan sudah sangat damai. Apa yang terjadi pada 4 November itu mungkin melampaui apa yang pemerintah harapkan. Tingkat kekerasan relatif rendah dengan korban serta efek negatif yang di tekan sekecil mungkin. dikabarkan Salah satu pengunjuk rasa meninggal karena sejarah asma sebelumnya, dan tidak berhubungan dengan serangan atau disengaja shooting. 

Photo published for 300 Polwan Berhijab Dikerahkan Kawal Unjuk Rasa

Sedangkan Apa yang terjadi di daerah Penjaringan adalah kegiatan kriminal yang dilakukan oleh bajingan, bukan demonstran, tapi sekali lagi pemerintah telah menunjukkan kesiapannya untuk menangani situasi tak terduga tersebut tidak menyebar di daerah lain. Bahkan, itu benar-benar tidak terkait dengan protes. Hal itu dilakukan oleh beberapa orang yang tidak bertanggung jawab yang memanfaatkan kesempatan dalam kesempitan pada aksi damai 411. Namun, pemerintah melalui seluruh aparatnya dan pemuka masyarakat, segera mengambil tidakan diperlukan, tindakan tepat untuk membawa kembali situasi normal dalam waktu yang relatif singkat.

CwZf3M3UoAEfIZl.jpg

Kesepakatan dengan semua elemen dan pemerintah yang telah melakukan langkah luar biasa dalam menangani aksi damai ini, patut kita kasih jempol yak. Apa kerusuhan yang dikhawatirkan tidak terjadi dan semua situasi dapat ditangani dengan baik dan bijak. Kami berharap bahwa ini akan menjadi era baru demokrasi Indonesia, yang lebih matang dan humanis. Bravo!

 CwknagEVIAEcp2V.jpg

Di bulan November ini juga kita merayakan hari pahlawan. Kenangan manis mereka sampai dengan saat ini kita nikmati adalah kemerdekaan. Akankah kemerdekaan dan persatuan serta teguhnya jalinan persaudaraan dai antara kita dari sabang sampai merauke, dari miangas sampai rote tetap kokoh terjalin. Ataukah tercabik oleh para penyusup yang ingin memecah bangsa. Kini semua itu ada di tangan kita.

Hari_Pahlawan.jpg

Kita sebagai pemuda pemudi penerus perjuangan bangsa, penerima warisan perjuangan pahlawan yan terdahulu, Haruslah tetap erat memegang tali silaturahmi. Kita harus tetap memegang rasa persaudaraan di tengah keragaman perbedaan pendapat, wacana, pemikiran, sara, politik dll.

0044149PUTRIINDONESIA17780x390.jpg

Jangan biarkan para penunggang liar memanfaatkan situasi untuk provokasi ricuh guna memecah persatuan kita. Bersatulah Indonesia. Mari dukung pembangunan yang gencar di kebut pemerintah saat ini. Sekecil kecilnya dukungan tyang kita berikan adalah doa, Semoga para pemimpin bangsa ini di berikan kekuatan dalam menggerakan pembangunan hingga merata bisa di nikmati seluruh saudara kita sebangsa dan se tanah air INDONESIA

proxy?url=http%3A%2F%2Fsetkab.go.id%2Fwp

Persatuan indonesia dari ujung timur hingga ke barat dan dari ujung selatan hingga ke utara akan membawa bangsa kita melesat maju mengejar prestasi dunia. Dan sebaliknya perpecahan salah satu unsur saja akan membuat kondisi ketahanan bangsa kita rapuh, bahkan bisa tenggelam dalam kemajuan bangsa lain di dunia. Bersatulah Indonesiaku

smilies_fb5ly1xu2wka.gif

 

Kopi Vaste Yang Sayang Di Buang 
Pengertian Ukhuwah Islamiyah, Insaniyah dan Wathaniyah

Rasa memiliki ukhuwah atau rasa persaudaraan yang ikhlas diantara sesama muslim dan seluruh umat beragama lainnya sampai saat ini masih belum bisa dikatakan maksimal.
Keragaman Dan Perbedaan Untuk Indonesia Raya Agar Lebih Baik
Masih banyak orang orang yang tidak memperdulikan kesengsaraan orang lain bahkan masih banyak yang belum bisa menerima sebuah kebersamaan didalam perbedaan untuk dijadikan kekuatan dalam persatuan. Masih banyak orang yang terikat dengan rasa egonya yang tinggi karena merasa diri adalah yang paling benar.
Keragaman Dan Perbedaan Untuk Indonesia Raya Agar Lebih Baik

Ikhlas memaafkan kesalahan orang lain ; dan memahami bahwa didunia ini tak ada satu manusiapun yang bisa lolos dari yang namanya kesalahan, kekurangan dan kelemahan.
Keragaman Dan Perbedaan Untuk Indonesia Raya Agar Lebih Baik
Saling bertegur sapa ; dan menebarkan salam dengan wajah yang damai dan menciptakan rasa saling sayang.
Melupakan perbedaan dan merajut kebersamaan ; untuk menciptakan masyarakat yang bersatu , rukun, saling menghargai dan mau menerima kekurangan masing masing.

Memperkuat dan meningkatkan rasa silahturahim ; dengan cara misalnya mengadakan pengajian bersama, atau ketika bulan ramadan bisa mengadakan acara buka bersama dan sholat tarawih berjamaah.
Rasulullah WAS pernah ditanya oleh seorang sahabat,

“Wahai Rasulullah kabarkanlah kepadaku amal yang dapat memasukkan aku ke surga”. Rasulullah menjawab; “Engkau menyembah Allah, jangan menyekutukan-Nya dengan segala sesuatu, engkau dirikan shalat, tunaikan zakat dan engkau menyambung silaturahmi.” (HR. Bukhari)

Menjauhi perbuatan yang dibenci allah ; dan memberi pemahaman pada semua orang tentang perbuatan apa saja yang tidak disukai allah dan mengandung azab yang pedih, misalnya melakukan pembunuhan, perbuatan maksiat dan lain lain.

Mendoakan ; orang yanag baik atau yang jahat dengan doa kebaikan.
Berlomba berbuat kebaikan karena Allah SWT ; dalam bentuk apapun tetapi perbuatan yang tidak merugikan diri sendiri dan orang lain.
Ikhlas dan menerima kritikan ; yang positif dari sesama muslim demi perbaikan ahklak kita dimasa yang akan datang.
Tidak merasa diri selalu benar ; karena tidak ada manusia yang sempurna. Apa yang baik untuk kita, apa yang kita anggap baik pada kenyataannya belum tentu orang lain merasakan hal yang sama. Saling menghargai pendapat orang lain adalah kunci terbentuknya rasa saling rukun.
Keragaman Dan Perbedaan Untuk Indonesia Raya Agar Lebih Baik
Ada perilaku yang harus dijalankan demi terciptanya suasana Ukhuwah Islamiyah, Insaniyah dan wathaniyah, yaitu:

1. Ukhuwah Islamiyah
Keragaman Dan Perbedaan Untuk Indonesia Raya Agar Lebih Baik
Merasa dan mengakui bahwa sesama muslim diseluruh belahan dunia adalah saudara yang patut kita lindungi, kita perjuangkan hak mereka atas islam jika berada pada negara yang sedang berperang serta mendoakan mereka untuk kebaikan. Inilah tahapan tahapan berharga dalam Ukhuwah islamiyah:

Ta’awun ; yaitu rasa saling tolong menolong antar umat beragama karena Allah.
Ta’fahum ; Yaitu rasa saling memahami bahwa tidak ada satu manusiapun yang bisa lolos dari kekurangan dan kesalahan.
Ta’aruf ; yaitu yaitu rasa ingin mengenal orang lain dengan maksud memperbanyak persaudaraan.
Takaful ; yaitu saling bersatu dalam suka maupun duka serta besama sama menyelesaikan segala permasalahan dengan rasa kasih sayang dan rasa saling menghargai pendapat yang berbeda.

2. Ukhuwah Insaniyah
Hasil gambar untuk Ukhuwah Insaniyah
Merasa dan mengakui bahwa seluruh umat manusia didunia adalah saudara kita. Tidak ada perbedaan yang menjadi dasarnya untuk saling bermusuhan, karena tidak ada satu manusiapun yang hidup dalam keabadian.

3. Ukhuwah Wathaniyah
126-22urip-rukun-aja-gawe-pati-lan-laran
Saling Menjaga kerukunan antar umat beragama dan membudidayakan rasa saling membutuhkan, saling menghargai dan menghormati perbedaan yang ada didalam negara kesatuan republik indonesia serta bersama sama menjunjung tinggi martabat bangsa dimata bangsa lain.

 Sumber Tulisan Di Kopi Paste  Gambar di ambil dari situs google untuk pencarian gambar


Cuplikan catatan dan kumpulan klip video ini semoga kembali meyegarkan ingatan kita pada ke anekaragaman suku, ras, agama, budaya, seni, prilaku dll yang ada di indonesia. Ke anekaragaman tersebut membuat negara kita merdeka karena keragaman itu di sepakati untuk di persatukan dalam jubah kebesaran
B A N G S A - K I T A - I N D O N E S I A

Di era digital saat ini sebetulnya penyampaian aspirasi tentu tak selalu harus di sampaikan lewat aksi masal secara terbuka. Era saat ini kan kita ketahui sudah berbeda dengan era sebelum 98. Suara dan pendapat kita bisa di sampaikan secara terbuka melalui dunia sosial media. Salah satu Cara mmengungkapkan rasa atau unjuk rasa bisa di lakukan dengan membuat gambar yang berisikan pesan tersembunyi maupun pesan terbuka. nah berikut ini klipingan beberapa contoh ungkapan rasa lewat meme . namun yang di tampilkan pada bagian akhir cerita ini hanyalah sebagai gurauan penyegar suasana saja. Berikut cuplikan yang di kopi dari situs KASKUS FORUM

15 Meme tunjukkan Indonesia selera humornya kelewatan, dijamin ngakak!

15 Meme tunjukkan Indonesia selera humornya kelewatan, dijamin ngakak!

15 Meme tunjukkan Indonesia selera humornya kelewatan, dijamin ngakak!

15 Meme tunjukkan Indonesia selera humornya kelewatan, dijamin ngakak!

15 Meme tunjukkan Indonesia selera humornya kelewatan, dijamin ngakak!

15 Meme tunjukkan Indonesia selera humornya kelewatan, dijamin ngakak!

15 Meme tunjukkan Indonesia selera humornya kelewatan, dijamin ngakak!

15 Meme tunjukkan Indonesia selera humornya kelewatan, dijamin ngakak!

15 Meme tunjukkan Indonesia selera humornya kelewatan, dijamin ngakak!

15 Meme tunjukkan Indonesia selera humornya kelewatan, dijamin ngakak!

Namun perlu kita waspadai juga , terkadang meme juga di hasilkan sebagai sarana pemecah bangsa dan menampilkan pesan dan kesan yang bisa menimbulkan perpecahan. Yang perlu kita Ingat Sob,,,.. Jadilah Bagian Dari Pahlawan Pemersatu Persaudaraan bukan sebaliknya 


Related List/Map
List With Similar Category by terapirematik
Popular map by terapirematik
Aksi Damai 411 Gambaran Ketahanan Dan Wajah Baru Demokrasi Indonesia